oleh

BPKAD Kabupaten Tulang Bawang Terapkan E-Sapen.

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupten Tulangbawang terapkan Elektronik Surat Penyediaan Dana (E-Sapen) dalam proses pengelolaan keuangan daerah.

Kepala BPKAD Tulangbawang Rustam Effendi menjelaskan E-Sapen merupakan suatu terobosan baru dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah. E-Sapen sendiri adalah suatu sistem proses penerbitan Surat Penyediaan Dana (SPD) yang dilakukan secara online dan mulai diterapkan sejak 18 Juni 2019 lalu.

 

“Melalui E-Sapen ini mulai dari proses usulan berkas sampai dengan penerbitan SPD dilakukan secara elektronik. Sehingga proses penerbitan SPD menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien,” kata dia.

Dia mengaku, terdapat tiga prinsip dasar dari E-Sapen. “Prinsip pertama, percepatan proses sehingga proses penyerapan anggaran menjadi tepat waktu. Kedua, upaya mewujudkan pelayanan pengelolaan keuangan yang transparan, efisien, baik, bersih, dan menghindari terjadinya gratifikasi. Ketiga, meningkatkan kinerja dan akuntabilitas pemerintah daerah,” ujar dia.

Kepala Bidang Anggaran Ferdi menegaskan dengan diterapkannya E-Sapen akan semakin menjamin pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanakan menjadi tepat waktu. “Dengan percepatan proses SPD melalui E-Sapen diharapkan semua program kegiatan yang telah dianggarkan dalam APBD khususnya 25 program Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dengan slogan Bergerak Melayani Warga ( BMW) dapat terlaksana tepat waktu, optimal, dan berkualitas,” kata Ferdi.(feri).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed