oleh

Sungai Ogan Tercemar Limbah Ringan Berdasarkan Uji Laboratorium.

Baturaja Oku- Kondisi Air Sungai Ogan di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) saat ini masuk dalam kategori tercemar ringan.

Hal ini terungkap berdasarkan sample air Sungai Ogan yang diambil Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU saat uji kelayakan di laboratorium Badan Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan DLH OKU Lastri Novita melalui Kasi Pencemaran Lingkungan, RA Feni Purnamasari mengatakan, pihaknya bersama UPTD laboratorium lingkungan telah mengambil sample air Sungai Ogan untuk di uji kelayakannya.

“Pengambilan sample ini dilakukan di tiga lokasi yaitu di bagian hulu Desa Pusar, di Jembatan Ogan Satu dan di hilir Desa Terusan. Sample air sungai tersebut selanjutnya dibawa ke Palembang untuk di uji di laboratorium guna memastikan apakah tercemar atau tidak,” ungkap RA Feni Purnamasari, Jum,at 21/6/2019

Feni mengutrakan, pengambilan sample air Sungai Ogan ini rutin dilakukan pihaknya dalam satu tahun itu dua kali. Untuk tahun 2019 ini sudah dilaksanakan pada bulan Mei dan hasilnya sudah keluar sejak beberapa hari yang lalu.

“Nah, berdasarkan hasil parameter uji sample di laboratorium tersebut, sejauh ini status air Sungai Ogan masih aman dan layak dikonsumsi masyarakat, karena hanya tercemar ringan,” jelas Feni.

Menurut Feni, air Sungai Ogan masih aman dikonsumsi karena hasil uji samplenya hanya tercemar ringan yang disebabkan oleh limbah rumah tangga berbagai jenis seperti sampah plastik dan lainnya. “Dan limbah tersebut sebagian besar berasal dari sampah rumah tangga yang dibuang masyarakat khususnya yang bermukim di dekat Daerah Aliran Sungai (DAS) sehingga menimbulkan pencemaran ringan,” katanya.

Dia menambahkan, kesadaran masyarakat masih rendah meskipun setiap Jumat sampah di Sungai Ogan dibersihkan tapi masih ada saja yang membuang ke sungai pungkasnya. Rudi Baturaja

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed